Menggunakan Filter

Menggunakan Filter CPL (Circular Polarized)

APA ITU CPL (Circular Polarized)?

Filter polarizer / CPL (circular polarizer) adalah salah satu filter yang mirip dengan Filter ND (1-2 stop), dan tentunya memberikan fungsi dan efek yang berbeda dengan mengatur posisi kamera dan arah cahaya. Mungkin tidak akan terasa berbeda jika semua pengaturan tersebut tidak/kurang pas.
Jadi kapan kita menggunakan filter ini? yuk, mari kita simak penjelasan saya dibawah ini..

MENGAPA DIBUTUHKAN?

Filter ini digunakan untuk mengurangi refleksi dari permukaan non-logam seperti Jendela kaca, permukaan air dan sebagainya. Filter ini juga meningkatkan kepadatan warna (saturasi warna)  langit dan / atau dedaunan dengan menyerap cahaya yang dipantulkan. Filter ini juga memungkinkan untuk membuat benda seperti awan terlihat lebih tajam, dengan  warna yang lebih padat. Filter ini paling  efektif jika cahaya menyinari subjek foto dari sisi kiri atau kanan dengan mengarahkan putaran kurang lebih 45° dari subjek.  Filter CPL menjadi salah satu filter penting/wajib untuk fotografi lanskap/pemandangan.

SEPERTI APA FILTER CPL?

Berikut adalah contoh dari Filter CPL, dan saya menggunakan keduanya. Saya memilih jenis Filter, tergantung lensa yang saya gunakan. Jika Focal Length lebar misal 14-16mm pada kamera FX tentunya saya menggunakan filter yang menggunakan bantuan Holder/Bracket untuk menghindari terjadinya Vignet (efek hitam pada tepian/pojok hasil foto).

2014403092148_w

CPL Ulir di Lensa (Tanpa Holder)

2014403092051_w

CPL menggunakan Bracket / Holder

 BAGAIMANA TEKNIK MENGGUNAKAN CPL

— sedang proses —

CONTOH FOTO TANPA CPL & DENGAN CPL

— sedang proses —

Comments

comments